Sukses Gelar Musdes Perubahan RPJM Desa dan Bentuk Tim RKP 2025

  • Aug 04, 2024
  • Iponk
  • Warta Desa, Warta KIM

PONOROGO – Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo telah berhasil menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) dan pembentukan Tim Penyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2025. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua BPD beserta Anggota, Pendamping Dana Desa Ketua LPMD, Babinkamtibmas, Babinsa, Perangkat Desa, unsur Tokoh Masyarakat yang terdiri dari Ketua RW di seluruh dusun yang ada di Desa Kalimalang, dan karang taruna. berlangsung dengan lancar dan penuh semangat, yang bertempat di Balai Desa Kalimalang pada Sabtu malam, (3/8).

Acara ini Dibuka Oleh Ketua BPD Desa Kalimalang, Umar Ansori sekaligus memberikan sambutan digelarnya Musdes karena seiring bertambahnya masa jabatan kepala desa selama 2 tahun, “Saya berharap dengan adanya perubahan RPJM Desa ini, pembangunan desa dapat lebih fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.” pungkasnya umar, dan acara dilanjutkan dengan dengar aspirasi masyarakat.

Riyadi Kepala Desa Kalimalang menyampaikan bahwa perubahan RPJM Desa ini sangat penting, karena pertambahan masa jabatan kepala desa semula 6 Tahun kini menjadi 8 Tahun maka perlu dilakukan perubahan untuk menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. “Dengan adanya RPJM Desa yang baru, kita dapat memastikan bahwa pembangunan desa berjalan sesuai dengan aspirasi masyarakat dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya,” ujarnya.

Dalam Musdes tersebut, masyarakat desa secara aktif memberikan masukan dan usulan terkait arah pembangunan desa ke depan. Hasil musyawarah akan menjadi dasar dalam penyusunan RPJM Desa yang baru, serta menjadi pedoman bagi Tim Penyusun RKP Desa dalam merancang program dan kegiatan pembangunan desa tahun 2025.

Pada penghujung acara, Pimpinan Rapat membentuk TIM Penyusun RKPDes 2025. Dalam proses pembentukan TIM Penyusun tersebut, Ketua BPD menawarkan opsi kepada Peserta yang hadir, dan setelah beberapa usulan dengan melalui proses voting terpilihlah Moh. Firman Ardiansyah sebagai Ketua TIM Penyusun RKPdes 2025 dan Ketua Tim Verifikasi menungu petunjuk dari pihak Kecamatan.