Langkah Menuju Sanitasi Total yang Berkelanjutan

  • Aug 21, 2024
  • Iponk
  • Warta Desa, Warta KIM

PONOROGO - Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo telah melangkah lebih jauh dalam mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih dengan pelaksanaan Verifikasi Lapangan Desa STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat). Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah dan masyarakat setempat untuk memastikan desa tersebut memenuhi semua indikator yang diperlukan untuk mencapai status Desa STBM yang berlangsung di Balai Desa Kalimalang pada rabu pagi (21/8).

Kegiatan Verifikasi lapangan dilakukan oleh tim yang terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A), Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Ponorogo (BPBD) dan pemangku kepentingan lainnya. Mereka memeriksa lima pilar utama STBM, yaitu: 1. Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) 2. Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) 3. Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga 4. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga  dan yang yaitu 5. Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga.

Sementara itu Kepala Desa Kalimalang Riyadi menyampaikan bahwa sejak awal pelaksanaan program STBM, masyarakat sangat antusias mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan. "Kami melihat perubahan nyata dalam perilaku masyarakat. Mereka semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan praktik-praktik sanitasi yang baik dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Dalam verifikasi ini, tim juga menilai partisipasi masyarakat, keberlanjutan program, serta inovasi-inovasi lokal yang telah diterapkan. Hasil verifikasi akan menjadi dasar penentuan apakah Desa Desa Kalimalang layak mendapatkan predikat sebagai Desa STBM.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Teguh Budi Prihwanto, Sos.M,Mkes dalam sambutnya beliau berharap bahwa desa ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam upaya meningkatkan kesehatan lingkungan. "Dengan tercapainya status Desa STBM, kita berharap kualitas hidup masyarakat akan meningkat, serta terhindar dari penyakit-penyakit yang diakibatkan oleh sanitasi yang buruk," ungkapnya.

Proses verifikasi ini diakhiri dengan rapat evaluasi yang dihadiri oleh semua pihak terkait. Hasil verifikasi lapangan ini akan diumumkan dalam waktu dekat, dan diharapkan Desa Kalimalang dapat mencapai status Desa STBM dan menjadi percontohan bagi desa lainnya. (IP/KIM)