Penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2024 di Desa Kalimalang

  • Aug 31, 2024
  • Iponk
  • Warta Desa, Warta KIM

PONOROGO – Setelah menjalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama satu bulan di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo, para mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Ponorogo resmi menutup kegiatan tersebut pada hari Jumat (30/08) malam dengan acara yang penuh makna bertempat di Gedung Serbaguna Desa Kalimalang. Acara penutupan ini dihadiri oleh Kepala Desa Kalimalang, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), BPD Kalimalang, Babinkatibmas dan Tokoh Masyarakat serta seluruh mahasiswa peserta KKN.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Riyadi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para mahasiswa atas kontribusi dan dedikasi yang telah diberikan selama program berlangsung.

“Terima kasih atas kerja keras dan inovasi yang telah diberikan oleh adik-adik mahasiswa. Program ini telah memberikan dampak positif bagi perkembangan desa kami, baik dari segi pendidikan, kesehatan, maupun bidang peningkatan sumber daya masyarakat (SDM),” ujar Riyadi Kepala Desa dalam sambutnya

Selama pelaksanaan KKN, para mahasiswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang meliputi penyuluhan kesehatan, pembinaan UMKM, pelatihan keterampilan, serta pengembangan infrastruktur desa. Beberapa kegiatan unggulan yang berhasil dilaksanakan antara lain program sanitasi dan kebersihan, pelatihan wirausaha untuk ibu-ibu rumah tangga, serta penyuluhan tentang pola hidup sehat bagi masyarakat.

Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. Ucuk Agiyanto ,S.H., S.Hum, juga memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah menunjukkan sikap profesional dan komitmen tinggi dalam setiap kegiatan dan terus menjaga silahturohmi dengan masyarakat desa Kalimalang.

“Melalui program ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman berharga tetapi juga memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Kami berharap apa yang telah dilakukan selama KKN ini dapat terus berlanjut dan memberi dampak positif bagi desa,” ujar Ucuk Agiyanto.

Acara penutupan ditandai dengan penyerahan Cindera mata dari perwakilan mahasiswa kepada Kepala Desa serta foto bersama sebagai kenang-kenangan. Seluruh peserta juga berkesempatan untuk menikmati hidangan khas desa dan menikmati penampilan seni dari masyarakat setempat.

Dengan berakhirnya program KKN ini, diharapkan sinergi antara universitas dan masyarakat dapat terus terjalin untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di desa-desa. Para mahasiswa pun pulang dengan penuh pengalaman dan kenangan yang tak terlupakan.