Sertijab Anggota BPD Desa Kalimalang

  • Dec 13, 2023
  • Iponk
  • Warta Desa, Warta KIM

Kalimalang – Seusai dilantik oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko di aula SMKN 1 Jenangan pada selasa 12 Desember 2023 bersama 1.951 badan permusyawaratan desa (BPD) lainya dan BPD Desa Kalimalang periode 2023 s/d 2029 juga ikut serta diambil sumpahnya. Melihat kondisi tersebut Pemerintah Desa Kalimalang menyelenggarakan Acara Serah Terima Jabatan (SERTIJAB) ) Anggota BPD Periode 2017 s/d 2023 kepada Anggota BPD yang baru terpilih masa Periode 2023 s/d 2029 yang bertempat di Balai Desa Kalimalang pada, Selasa malam (12/12).

Setelah berkhirnya masa jabatan Anggota BPD Periode 2017 s/d 2023 Pemerintah desa Kalimalang Memfasilitasi dalam mengadakan kegiatan serah terima jabatan BPD, kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Kalimalang dan Perangkat Desa, Anggota BPD Lama dan Anggota BPD Baru, Babinsa, Babinkatibmas, Lembaga Desa, dan tokoh Masyarakat Desa Kalimalang. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan penuh hikmat oleh peserta rapat.

Dalam Sambutannya Ketua BPD Periode 2017 s/d 2023 Imam Siswoto, S.Pd yang sudah menjabat Anggota BPD selama 2 Periode ini mengucapkan selamat kepada Anggota Baru, semoga dapat menjalankan tugas dengan baik serta menjaga nama baik kelembagaan dan menjaga kerjasama yang baik dengan Pemerintah Desa Kalimalang.

“Tantangan terbesar dalam pengelolaan pemerintahan desa di era yang semakin maju dan komplek ini , maka harus benar-benar mempersiapkan diri apalagi BPD yang baru terpilih ini rata-rata kaum muda, jadi harus benar-benar dapat menjadi agen untuk perubahan dan kemajuan di desa terutama di Desa Kalimalang yang kita cintai ini, dan tentunya tak terlepas dari peraturan yang ada”imbuhnya.

Adapun Anggota BPD yang baru terpilih merupakan hasil pemilihan yang telah dilaksanakan pada tahun 2023, dengan jumlah BPD sebanyak 5 orang.

Umar Ansori sebagai Ketua BPD yang baru dalam sambutan pertamanya sebagai Ketua BPD menambahnkan “siap menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Anggota BPD yang akan menyerap aspirasi dari masyarakat dengan sebaik baiknya, itu semua wajib dilakukan karena jabatan yang saat ini dia emban merupakan amanah dari dari masyarakat Desa Kalimalang, iya juga berjanji akan bekerja keras agar bisa menjadikan BPD Desa Kalimalang lebih baik lagi dan siap bekerjasama dengan baik bersama Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Kalimalang.

Selanjutnya Kepala Desa Kalimalang, dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada Anggota BPD lama karena selama menjadi Anggota BPD Desa Kalimalang, Ketua maupun Anggota BPD selalu bekerjasama dengan baik bersama Pemerintah Desa, dapat menjadi mitra Pemerintah Desa yang sangat membantu dalam mambahas permasalahan-permasalahan yang ada serta dalam rangka menyepakati terkait Rancangan Peraturan Desa di desa. Selain itu Riyadi juga menyampaikan bahwa selama menjalankan tugas sebagai Anggota BPD yang lama ini selalu bekerja dengan baik dalam menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa dengan baik. Lanjut kepala desa menyampaikan terkait informasi pentingnya singkroniasi data kususnya data Data Kesejahteraan Sosial (DTKS) jangan sampai data yang dimiliki desa itu tidak sama dengan data yang ada dipusat/ daerah jadi saya berpesan jika warga desa mengusulkan data baru entah lewat aplikasi online atau lewat manapun piling tidak berkomunikasi dengan pihak desa terlebih dahulu biar tidak terjadi permaslahan dikemudian hari.

“saya berharap pengabdian jangan terputus setelah tidak lagi menjadi Anggota BPD dan tetap mendukung serta mengawasi kinerja Pemerintah Desa kedepanya, dan untuk anggota BPD yang baru saya ucapakan selamat bergabung dengan pemerintah desa mari kita jalin kerjasma untuk  meningkatkan Kemajuan dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Kalimalang.’pungkasnya riyadi

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima jabatan yang diketahui oleh Kepala Desa Kalimalang dan secara simbolis dilakukan serah terima stempel BPD dan berkas-berkas hasil keputusan BPD dan Data barang inventaris BPD dari BPD lama kepada Anggota BPD baru periode 2023 s/d 2029 Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo.

Seusai acara Serah terima jabatan BPD acara dilanjutkan dengan pengudian hadiah pajak bumi bangunan (PBB) dimana para wajib pajak bumi bangunan yang mempunyai tanah di desa kalimalang berkesempatan mendapatkan hadiah elektronik, mulai dari jam dinding, senter, payung, Kipas angin, Setrika, Blender dan hadiah utama yaitu Magicom dengan catatan wajib pajak harus sudah melunasi pajak tersebut. (iponkzhi/hm)