Rembung Stunting Desa Kalimalang 2024

  • Aug 10, 2023
  • Iponk
  • Warta Desa

Kalimalang – Sebagai upaya untuk Mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul menuju Indonesia emas, Pemerintah  Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo, terus berupaya melakukan pencegahan stunting  melalui kegiatan rembung stunting di Balai Desa Kalimalang pada kamis pagi (10/8).

Acara tersebut di buka langsung oleh Kepala Desa Kalimalang Riyadi dalam sambutanya dia berkata Rembuk Stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun berikutnya, dan juga menjadi amanat Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanganan stunting. 

“Saya berharap proses rembuk stunting berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, dan pada tahun ini pemerintah desa sudah mengangarkan untuk pencegahan stunting sejak dini mulai ibu hamil dan balita dengan pemenuhan gizi dengan memberikan susu.”.terang dia.

Selanjutnya Bidan Desa Septi Prima. Amd mengatakan bahwa tingkat perkembangan stunting didesa kalimalang terdapat lima balita yang masuk kategori stunting namun untuk status gizinya baik hal tersebut bisa dilihat dari tinggi badan sesuai umur kurang standart.

“Balita yang stunting dari jumlah sasaran desa kalimalang secara persentasi di angka 6,94% hal tersebut banyak dipengaruhi faktornya tidak hanya kurang gizi saja numun juga karena factor keturunan juga sangat berpegaruh,dan tingkat kesadaran ibu hamil yang kurang pro aktif memeriksakan kehamilanya ke polindes, kalua hal tersebut dilakukan masa kehamilan untuk perkebangan janin mudah dipantau dan dikendalilan.  saya berharap kedepan kedapa pemerintah desa agar menggarkan satu kegiatan pelatihan atau sosialisasi kepada ibu-ibu yang masih usia produktif dan calon pengantin untuk diberikan sosialisasi terkait pencegahan stunting dan penyebabnya”.terangnya septi.