Perpisahan yang Mengharukan dan Penuh Harapan

  • Jun 13, 2024
  • Iponk
  • Warta KIM

PONOROGO - Purnawaniata Sekolah Dasar Kalimalang tahun ini berlangsung meriah dengan penuh haru dan kebahagiaan. Acara yang digelar di halaman sekolah ini dihadiri oleh para siswa, guru, serta orang tua yang datang untuk merayakan momen bersejarah dalam perjalanan pendidikan anak-anak mereka Sejak pagi, suasana di SD Kalimalang sudah ramai dengan kehadiran anak-anak TK dan Puad untuk mengkitu berbagai jenis perlombaan dalam rangka menyemarakan Purnawaniata siswa-siswi kelas 6 kegiatan tersebut berlanjut hingga malam hari Nampak para siswa yang tampak bersemangat mengenakan seragam sekolah lengkap dengan topi toga kecil di kepala mereka duduk dikursi sambal menikmati sajian hiburan dari pengisi acara mulai dari hafalan surat pendek dari anak TK Dharmawanita dan B.A Asiyiyah Kalimalang serta beragaram tarian dari siswa kelas 1 hingga kelas 5 turut tampil memeriahkan acara ini yang berlangsung pada senin (10/6)

Sementara itu Kepala Sekolah Dasar Negeri Kalimalang Nanik Ernawati.S.Pd,I Dalam sambutanya mengungkapkan rasa bangga dan harunya melihat perkembangan para siswa selama enam tahun terakhir.

"Perjalanan kalian di Sekolah Dasar ini telah membentuk fondasi yang kuat untuk masa depan. Kami bangga dengan prestasi dan perkembangan kalian, baik dalam akademik maupun karakter,dan beliau berpesan supaya anak-anak setelah lulus jangan sampai melupan sholat, dan tetap menjalin silahturohmi dan SDN kalimalang tahun 2024 ini lulus 100%” pungkasnya Nanik Ernawati.S.Pd,I.

Setelah sambutan, acara yang paling ditunggu-tunggu tiba saat satu per satu siswa menerima ijazah kelulusan. Dengan penuh kebanggaan, mereka berjalan ke panggung untuk menerima ijazah dan dilanjutkan dengan sungkem dan berpelukan tidak sedikit orang tua yang menitikkan air mata bahagia saat melihat anak-anak mereka menerima ijazah tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Kalimalang, Babinsa, Babimktibmas, Komite Sekolah dan Pengawas dari UPT. Dinas Pendidikan Kecamatan Sukorejo Kepala Desa Kalimalang Riyadi dalam sambutnya memberikan apresiasi kepada bapak-ibu guru SDN Kalimalang terimakasih telah mendidik anak-anak kami sehingga malam hari ini tahun ajaran tahun 2024 ini siswa-siswi 100% lulus semua ini hasil kerja yang luar biasa.

“Saya sangat bangga kepada anak-anak kelas 6 kalian luar biasa bisa lulus hari ini, ini semua berkat kerja keras dari bapak-ibu guru SDN Kalimalang, dan saya titip pesan kepada orang tua yang hari ini anaknya lulus dan melanjutkan pendidikan di SMP usia ini anak itu mudah terpegaruh oleh pergaluan dari luar maka dari itu saya titip utuk diawasi dan dijaga dengan exra jangan sampai salah dalam pergaulan yang nantinya akan berdampak kurang baik kepada anak itu sendiri, lanjut riyadi dan saya berharap kepada warga desa kalimalang yang saat ini anaknya sudah waktunya lulus dari TK untuk di Sekolahkan di SDN Kalimalang jangan diragukan lagi lulusan dari SD Kalimalang ini banyak yang sudah sukses,ada yang jadi guru, Perangkat desa,bahkan ada yang jadi Polisi, Tentara dan contohnya saya sendiri juga lulusan dari Sekolah ini”pungkasnya Riyadi.

Acara purnawaniata ini ditutup dengan doa bersama dan pementasan Seni Reyog Onggo Joyo dari SDN Kalimalang setelah gelaran tersebut usai Orang tua dan siswa kemudian berfoto bersama sebagai kenang-kenangan, mengabadikan momen bahagia ini.

Purnawaniata Sekolah Dasar ini bukan hanya penutup dari satu babak penting dalam hidup para siswa, tetapi juga awal dari perjalanan baru menuju masa depan yang cerah. Dengan bekal ilmu dan nilai-nilai yang telah mereka dapatkan, diharapkan mereka mampu meraih mimpi-mimpi mereka di masa depan. (pariwara.kim.id/IP).