Pemilihan BPD Desa Kalimalang Periode 2023 – 2029 Berjalan Kondusif

  • Nov 07, 2023
  • Iponk
  • Warta Desa

Kalimalang - Warga Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo mengadakan Pemilihan Langsung dalam rangka pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2023-2029 tepatnya di Dusun Sragi Lor, merupakan pemilihan yang yang ke dua kalinya yang dilaksanakan di rumah bapak mesini pada selasa malam (7/11).

 

Ketua panitia pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Moh. Firman Ardiansyah mengatakan, Pengisian BPD tahun kali ini berbeda dari pemilihan sebelumnya dimana masyarakat bisa langsung berpartisipasi secara langsung untuk menentukan calon keterwakilan dari wilayahnya dengan jumlah BPD 5 Orang dengan keterwakilan perempuan 1 Orang.

 

“Pemilihan BPD Periode ini berbeda dengan periode sebelumya dimana masyarakat bisa berpartisipasi untuk menentukan calon keterwakilan wilayahnya namun hal itu tergantung dari hasil keputusan peserta musyawarah dusun bisa dengan metode musyarah mufakat ataupun dengan cara voting artinya bisa melilih secara langsung dengan kartu suara, dimana nanti suara terbanyak akan langsung ditetapkan menjadi BPD Desa Kalimalang dengan masa Periode 2023 – 2029.” Sambutnya firman.

 

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Ketua Panitia Pengisian BPD Desa Kalimalang Untuk Dukuh Sragi Lor yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon BPD ada 3 Orang dari Wilayah RW.01 sebanyak 2 Orang dan RW.02 sebanyak 1 Orang.

Sebelum acara pemilihan tersebut berlangsung 3 calon BPD diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi jika nanti terpilih menjadi BPD Desa Kalimalang Periode 2023 – 2029. Seusai penyampaian visi misi acara dilanjutkan dengan musyawarah untuk menentukan metode pemilihan dimana untuk RW.02 Dukuh Sragi Lor peserta musyawarah sepakat dengan metode musyawarah mufakat karena hanya 1 Calon. Sedangkan untuk RW.02 dengan metode voting atau memilih secara langsung karena ada 2 calon yang mendaftarkan diri.

Dengan dua metode tersebut Acara pemilihan BPD Desa Kalimalang berjalan lancar dan kondusif  dengan hasil Umar Ansori terpilih menjadi keterwakilan RW.02 sedangkan Marjuni terpilih keterwakilan RW.02 Dusun Sragi Lor  dengan hasil.

  1. Umar Ansori dengan hasil Musyarah Mufakat
  2. Marjuni dengan hasil Voting mendapat nilai 11 Suara
  3. Agus Priyanto hasil Voting mendapat nilai 8 Suara

Sementara Itu Kepala Desa Kalimalang Riyadi berharap kepada calon anggota terpilih untuk bisa melaksanakan tugas dengan baik sebagai mitra desa dan dapat menyuarakan aspirasi masyarakat sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Terimakasih kepada Panitia, Peserta, Pemilih dan semua masyarakat yang telah antusias dan peduli dalam mensukseskan Pemilihan ini. Selamat kepada yang telah terpilih, semoga dapat bersinergi dan melakukan akselerasi dalam membangun dan memajukan Desa Kaliamalang ke arah yang lebih baik," harapnya.