Pemdes Kalimalang Mengelar Sekolah Orang Tua Hebat untuk Menuju Generasi Emas Indonesia

  • Feb 29, 2024
  • Iponk
  • Warta Desa

Kalimalang - Menyadari peran penting orang tua dalam tumbuh kembang anak, program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) terus gencar dilaksanakan di berbagai Desa di Kabupaten Ponorogo. Salah satunya di Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo pada kamis pagi (29/2).

 

Kepala Desa Kalimalang Riyadi dalam sambutannya mengatakan Program SOTH merupakan program edukasi non-formal yang diinisiasi oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama dengan pemerintah daerah Kabupaten Ponorogo. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam pengasuhan anak, khususnya pada usia emas (0-5 tahun).

"Periode emas ini sangat krusial bagi perkembangan anak, baik secara fisik, perkembangan mentalnya, serta emosi pada anak, maka dari itu lewat kegiatan ini saya berharap kepada orang tua yang diberikan kesempatan ini untuk megikutinya sampai nanti diwisuda dan mendapatkan sertifikat" Riyadi, dalam sambutannya di acara pembukaan Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH).

Sementara itu Perwakilan Dinas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kecamatan Sukorejo Ir. Jajuk Indrijawati selaku Pendamping KKB dalam sambutnya megatakan Melalui SOTH, para orang tua diberikan berbagai materi terkait pengasuhan anak, seperti pemberian nutrisi, stimulasi perkembangan, komunikasi efektif, serta pengasuhan berbasis nilai-nilai budaya setempat.

"SOTH tidak hanya sekadar teori, tetapi juga dilengkapi dengan praktik dan diskusi interaktif," jelas Ir. Jajuk Indrijawati "Sehingga para orang tua dapat saling berbagi pengalaman dan berlatih menerapkan ilmu yang didapatkan."

Dengan membekali para orang tua dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat, diharapkan dapat turut berkontribusi dalam upaya mewujudkan generasi emas Indonesia. (IP)