Pemdes Kalimalang Lakukan Pembinaan Forum Anak

  • Dec 05, 2023
  • Iponk
  • Warta Desa, Warta KIM

Kalimalang – Sebagai bentuk upaya memenuhi hak terhadap anak Pemerintah Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo melakukan pembinaan terhadap Forum Anak Desa Kalimalang dengan tujuan untuk memberikan anak-anak kesempatan untuk berpartisipasi dan memberikan suara dalam pembuatan keputusan yang berkaitan dengan kebijakan dan program desa yang dilaksanakan di Balai Desa Kalimalang pada Minggu pagi (3/12).

Pembinaan Forum anak ini turut dihadiri perwakilan dari Dinas Sosial, P3A Kabupaten Ponorogo, Kepala Desa Kalimalang serta menghadirkan pemateri dari Paguyuban Anak Ponorogo (PAP).

Sementara Itu Perwakilan dari Dinas Sosial Bidang Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Ponorogo Yuni Sawitri Dewi, S.E mengatakan Pembinaan pada kalai ini tentang pengenalan kembali bahwa Forum Anak bertujuan untuk membangun kerja sama tim dan melaksanakan tugas menjadi pelopor dan pelapor serta memberikan wadah bagi anak-anak untuk mengekspresikan pendapat dan ide-ide mereka.

“ Pembinaan Forum Anak ini pada pagi hari ini bertujuan untuk mengenalkan kembali bahwa forum anak itu mempunyai peran penting dalam membangun kerjasama, melaksanakan tugas menjadi pelapor dan pelopor serta memberikan wadah untuk mengekpresikan ide dan pendapat anak-anak” sambutnya yuni.

Dalam forum ini, anak-anak akan diajarkan tentang pentingnya keberagaman, empati, serta keterlibatan aktif dalam proses pengambilan keputusan. Mereka akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan seperti diskusi kelompok, lokakarya, dan simulasi pengambilan keputusan untuk mempersiapkan mereka menjadi generasi yang lebih berpartisipasi dalam masyarakat.

Kepala Desa Kalimalang yang diwakili oleh Sekretaris Desa Mohammad Firman Ardiansyah, S.Pd dalam sambutanya mengatakan , forum anak ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi anak-anak untuk merasa dihargai dan didengar, sehingga mereka merasa lebih berdaya dalam mengemukakan pendapat dan aspirasi mereka. Selain itu, forum anak juga diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengajarkan anak-anak nilai-nilai kehidupan berdemokrasi sejak dini.

“ Forum ini adalah wadah bagi anak-anak untuk mengemukakan pendapat, ide dan gagasan, dan setelah forum ini nanti juga akan dibentuk pengurusan baru untuk forum anak di desa kalimalang kerena pengurus lama sudah selesai masa tugasnya. Pungkasnya Firman.

Dengan kegiatan ini diharapkan bahwa partisipasi anak-anak dalam pengambilan keputusan lokal akan semakin meningkat, sehingga kebijakan yang dihasilkan dapat lebih mewakili kebutuhan dan aspirasi generasi muda. (iponk/Hm)