Pemdes Kalimalang Gelar Musdes untuk Rencanakan Pembangunan Berkelanjutan

  • Apr 06, 2024
  • Admin
  • Warta Desa

PONOROGO – Pemerintah Desa Kalimalang menggelar Musyawarah Desa (Musdes) dengan tujuan merumuskan rencana pembangunan yang berkelanjutan melalui Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) tahun anggaran 2023 dan dilanjutkan Sosialiasi APBDes Tahun 2024 serta Perpisahan KKN Unida Gontor. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh warga masyarakat, perangkat desa, tokoh masyarakat, serta unsur tokoh masyarakat yang bertempat di Balai Desa Kalimalang pada jumat sore, (29/3)

Musdes merupakan forum demokratis yang diadakan secara periodik di tingkat desa guna membahas berbagai permasalahan serta menetapkan kebijakan pembangunan desa yang partisipatif dan inklusif. Kali ini, fokus utama Musdes adalah menyusun LPPD yang akan menjadi pedoman bagi pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan desa dalam beberapa tahun ke depan.

Selama Musdes berlangsung, dilakukan diskusi terbuka untuk mengumpulkan masukan dan aspirasi dari seluruh peserta. Beberapa isu yang dibahas antara lain adalah infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, serta pelestarian lingkungan dan Pemasangan Tiang dan Kabel Fiber Optik.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kalimalang, Riyadi, menyatakan pentingnya partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan dan tak kalah pentingnya yaitu tentang Pemasangan Tiang dan Kabel Fiber Optik yang ahir – ahir ini marak terjadi tanpa ijin ke Pemerintah Desa dan ucapan terima kasih kepada mahasiswa unida gontor yang telah menyelesaikan pengabdianya di desa Kalimalang.

"Musyawarah Desa adalah wujud nyata dari semangat gotong royong dan demokrasi yang harus kita jaga bersama. Dengan bersatu padu dalam Musdes ini, kita dapat merumuskan rencana pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi desa kita," lanjut riyadi Pemasangan Tiang dan Kabel Fiber Optik memang ahir-ahir ini lagi marak terjadi dan saya sering mendapatkan laporan dari warga bahwa banyak pemasangan tiang dan kabel Fiber Optik tanpa ijin dan itu menempati lahan warga dan pemilik lahan merasa keberatan, maka dari itu kedepan kami bersama BPD akan duduk bersama untuk membahas tentang regulasi / penataan pemasangan Tiang dan Kabel Fiber Optik tersebut, dan Kepada mahasiswa unda gontor saya selaku kepala desa mewakili masyarakat desa kalimalang mengucapkan terima kasih atas ilmunya diberikan kepada masyarakat kalimalang, “. ujar Riyadi.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Umar Ansori, menjelaskan pentingnya menyelaraskan program-program pembangunan dengan visi dan misi pembangunan berkelanjutan. "Kita harus memastikan setiap langkah yang kita ambil mendukung tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan dan terkait kedepan akan membahas tentang regulasi penataan pemasangan Tiang dan Kabel Fiber Optik kami siap mendukung dan mencarikan solusi untuk yang terbaik baik biar nanti tidak ada yang dirugikan, karena diera perkembangan terknolagi informasi ini internet atu wifi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat selain dari beras" ujar Umar Ansori.

Dengan terselenggaranya Musdes ini, Desa Kalimalang menegaskan komitmennya untuk melaksanakan pembangunan secara partisipatif, transparan, dan akuntabel demi kesejahteraan bersama.