Musyawarah Desa Bahas Bantuan Modal Usaha dari Provinsi

  • Apr 08, 2024
  • Iponk
  • Warta KIM

PONOROGO - Pemerintah Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) Salah satu agenda utama dalam Musdes ini adalah membahas Bantuan Modal Usaha Pengembangan Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bertempat di Balai Desa Kalimalang pada jumat sore (23/3)

Kepala Desa Kalimalang, Riyadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa BUMDesa Kalimalang mendapatkan Bantuan Dana dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebesar Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah) ini bertujuan untuk membantu pengembangan usaha untuk BUMDesa Makmur Abadi. Bantuan ini diharapkan dapat membuat BUMDesa dapat berkembang untuk Memperkuat perekonomian lokal dan mengurangi ketergantungan pada sektor informal dan Menghasilkan pendapatan tambahan bagi masyarakat desa.

"Modal Usaha yang diberiakan oleh Provinsi nantinya akan dipergunakan untuk pengembangan usaha yang ada seperti yang kita ketahui bahwa BUMDesa Makmur Abadi saat ini mempunyai Kios yang menyediakan peralatan tulis kantor dll, rencana dari pengurus BUMDes dana bantuan tersebut akan dibelikan mesin Photocopy dimana keberadaan mesin tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat dari Kios Bumdes dekat dengan sekolah dasar saya kira pilihan untuk pengadaan mesin tersebut sangat tepat”.ujarnya riyadi.

Selanjutnya Ketua BUMDesa Makmur Abadi Eko Budiyanto menyampaikan perkembangan unit usaha yang dijalankanya saat ini ada tiga unit diantaranya , Jasa persewaan Molen, Kios BUMDes yang menyedian ATK dan Sektor Pertanian namun yang saat ini yang berjalan hanya dua unit saja yaitu persewaan molen dan kios saja.

“Dari tiga unit usaha yang kami jalankan yang paling menonjol itu dibidang jasa sewa molen tapi untuk dibidang pertanian kami belum begitu menguasai sehinga kemarin mendapatkan bantaun dari desa berupa Gren Hose untuk budidaya melon hasilnya kurang maksimal. Kedepan kami akan maksimalkan Kios yang ada ini untuk menambah fasilitas layanan Photocopy diharapkan dengan adanya mesin ini mampu menambah inkam bagi bumdes kami”. pungkasnya Eko.

Dengan diberikan bantuan tersebut berharap BUMDesa mampu dapat meningkatkan dan mengebangkan usahanya sehinga dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa (IP/pariwara.kim.id)