Musrenbangdes Proses Perencanaan Pembangunan Desa.

  • Sep 29, 2023
  • Iponk
  • Warta Desa

Kalimalang - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) adalah salah satu kegiatan yang penting dalam proses perencanaan pembangunan suatu daerah. Musrenbang merupakan forum dialog antara pemerintah dan masyarakat untuk membahas dan mengidentifikasi kebutuhan serta prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2024.

Acara Musrenbang yang diadakan di Balai Desa Kalimalang pada hari Rabu malam (27/9), berbagai pihak dari berbagai sektor terlibat dalam diskusi yang konstruktif untuk mencapai kesepakatan mengenai prioritas pembangunan. Acara ini dihadiri oleh Camat Sukorejo, Pendamping Lokal Desa, tokoh masyarakat, serta wakil-wakil dari berbagai organisasi masyarakat.

Dalam Musrenbangdes kali ini, beberapa agenda pembahasan utama adalah infrastruktur, pendidikan, kesehatan, kebersihan dan pemberdayaan ekonomi. Camat Sukorejo, Rudy Aris Purwanto, S. STP, M. Si, menyampaikan bahwa prioritas pembangunan di Kabupaten Ponorogo tahun depan akan difokuskan pada peningkatan kualitas infrastruktur, pengembangan Badan Usaha Desa (BUMDES), peningkatan layanan kesehatan masyarakat, serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Dalam diskusi, masyarakat juga berkesempatan menyampaikan aspirasi dan masukan terkait pembangunan yang diinginkan. Berbagai perwakilan masyarakat, termasuk pemuda, dan perwakilan perempuan, memberikan pandangan dan saran yang berharga bagi Pemerintah Desa dalam merencanakan pembangunan yang lebih baik.

Sementara Itu Ketua BPD Desa Kalimalang Imam Siswoto, S.Pd megatakan bahwa Musrenbagdes yang dilakukan secara partisipatif ini penting dalam memastikan bahwa pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa sesuai dengan kebutuhan, aspirasi, dan harapan masyarakat. Melibatkan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan pembangunan akan memperkuat rasa memiliki dan tanggung jawab bersama terhadap pembangunan di desa.

Kepala Desa Kalimalang Riyadi berharap bahwa melalui Musrenbangdes ini, kebijakan pembangunan yang ditetapkan nantinya akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kualitas hidup masyarakat, serta menjadikan Desa Kalimalang sebagai Desa yang lebih berkelanjutan dan berdaya saing dan Mandiri. Terangnya Riyadi. (IP)