Kalimalang Adakan Doa Bersama dan Pengajian Bersih Desa

  • Jun 21, 2023
  • Iponk
  • Warta Desa

Kalimalang – Pemerintah Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo mengadakan doa bersama dan pengajian dalam rangka untuk bersih desa, kegiatan ini digelar bertujuan untuk memohon perlindungan Tuhan YME dari hal-hal negatif dalam kehidupan sehari-hari yang dilaksankan pada sabtu malam bertempat di Balai Desa Kalimalang pada (10/6) malam.

Kepala Desa Kalimalang Riyadi dalam sambutanya mengatakan ucapkan rasa terima kasih kepada warga desa yang sudah datang dan mendukung acara pada malam hari ini sehinga kegiatan bersih malam ini dapat berjalan dengan sukses.

“ Terima kasih saya ucapkan kepada lembaga desa, masyarakat dan warga desa kalimalang atas dukunganya  dalam bentuk pemikiran dan tenaganya mulai awal perencanaan dan pelaksanaan acara bersih desa ini dapat terlaksana dengan sukses”.

Lanjutnya Riyadi beliau menyampaikan bahwa kegiatan bersih desa ini di awali dengan nyekar kepada leluhur dari pemimpin-pemimpin desa yang telah wafat hal itu dilakukan untuk  sarana menjaga adat istiadat, budaya dan mengingat sejarah berdirinya suatu wilayah/ desa. Ini di’uri uri’ masyarakat sebagai bentuk penghormatan dan menjaga kekayaan budaya yang sarat makna kehidupan.

“ Kegiatan bersih desa ini kita awali pada jumat pagi, kami perangkat desa melakukan nyekar ke makam leluhur desa kususnya makam dari pemimpin desa yang telah wafat dengan tujuan untuk mengenang jasa beliau yang telah ikut membangun desa kalimalang hingga saat ini.”  Terangnya Riyadi.

Nampak dari masyakat desa kalimalang yang hadir pada acara tersebut hikmat untuk mendengarkan ceramarahreligi yang di isi oleh Drs. H. Djemito, M.Pd dari Kelurahan Pinggirsari Kecamatan Ponorogo dengan tema membangun desa dengan kerukunan dan gotong royong.

Pengajian ini selain tema agama juga menampilkan tokoh-tokoh dari pewayangan dimana dalam tokoh pewayangan tersebut mengambarkan kehidupan masyarkat yang ada saat ini, mulai tokoh semar, petruk, bagong dll,

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Sukorejo, babinkatibmas, Babinsa dan Pendamping dana  desa ikut mendukung acara tersebut