Gelar Doa Bersama untuk Leluhur dan Mengenang Jasa Pemimpin Desa

  • May 22, 2024
  • Iponk
  • Warta KIM

PONOROGO – Pemerintah Desa Kalimalang mengadakan doa bersama dalam rangka acara Bersih Desa yang berlangsung pada Selasa malam 21 Mei 2024 bertempat di Balai Desa Kalimalang. Acara ini dihadiri oleh seluruh lapisan masyarakat, mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga warga desa yang antusias berpartisipasi.

Kegiatan bersih desa ini dimulai sejak pagi hari diawali dengan ziarah makam pemimpin desa dan perangkat desa yang telah wafat dan dilanjutkan doa bersama. Sementara itu Kepala Desa Kalimalang Riyadi dalam sambutanya menyampaikan pentingnya acara bersih desa ini walau di adakan secara sederhana namun tidak mengurangi inti dari acara bersih desa itu sendiri sebagai bentuk syukur dan memohon berkah serta perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa agar desa tetap dalam keadaan aman, tentram, dan sejahtera.

“Kegiatan bersih desa ini bukan hanya tentang membersihkan lingkungan fisik, tetapi juga membersihkan hati dan pikiran kita sebagai warga desa. Dengan doa bersama, kita berharap semua warga diberi kesehatan, keselamatan, dan rejeki yang melimpah,dan tak lupa mendoakan kepada pemimpin desa kalimalang yang telah wafat dan mengenang segala jasanya lanjut riyadi karena keterbatasan angaran maka acara bersih desa tahun ini dibuat sederhana kedepan akan kita buat lebih baik lagi” ungkap Riyadi.

Doa bersama dipimpin oleh Nyoto selaku Kasi Pelayanan sebelum acara doa bersama dimulai beliau juga memberikan ceramah singkat tentang pentingnya amalan Doa untuk Orang yang sudah meninggal dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa setelah seseorang meninggal, semua amal perbuatannya telah terputus, kecuali tiga hal yakni sedekah yang terus memberi manfaat, ilmu yang bermanfaat bagi banyak orang, dan anak saleh yang mendoakannya. Acara bersih desa ini ditutup dengan makan bersama sebagai bentuk rasa syukur dan kebersamaan. Warga desa berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh yang baik dan terus diadakan setiap tahunnya, membawa berkah dan kedamaian bagi seluruh penduduk desa.(IP/HM)