Desa Kalimalang Terpilih Jadi Tempat Launching Kampung Moderasi Beragama

  • Jul 26, 2023
  • Iponk
  • Warta Desa

Kalimalang – Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo terpilih menjadi tempat Launching Kampung Moderasi Beragama setelah masuk dalam nominasi yang dilakukan oleh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Ponorogo mewakili Kecamatan Sukorejo yang bertempat di Balai Desa Kalimalang pada (26/7) pagi.

Launching Kampung Moderasi Beragama ditandai dengan pumukulan gog oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ponorogo Mohamad Nurul Huda, S.Ag, M.Pd

Hadir dalam acara ini Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ponorogo , Kapolsek Sukorejo, Danramil Sukorejo, Camat Sukorejo, perwakilan tokoh agama, tokoh adat, tokoh organisasi keagamaan, para penyuluh agama

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukorejo Auliausshofi, MA II selaku ketua panitia mengatakan Desa Kalimalang dipilih menjadi tempat launching kampung moderasi beragama setelah masuk menjadi juara nomor dua setelah  sodong desa Gelang kulon kecamatan sampung.

“Kalimalang kami pilih karena masyarakatnya mampu menjaga hubungan antar keyakinan umat beragama dengan baik hal itu terbukti dengan masuknya desa kalimalang menjadi nomor dua setelah desa sodong”.terangnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyematan PIN serta Slempang dan Penyerahan Sertifikat kepada pengerak kampung moderasi beragama kepada tujuh (7) perwakilan aktor antar umat agama diantaranya aktor agama Islam dari Nadatul Ulama (NU) serta Muhammadiyah, Kristen Katolik dan Prokestan, Hindu dan aktor Pemuda. Lanjut dengan penandatanganan deklarasi moderasi beragama.

Lanjut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ponorogo, Mohamad Nurul Huda, S.Ag, M.Pd, menyampaikan gagasan dibentuknya kampung moderasi beragama sebagai implementasi dari misi Kemenag RI dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama.

“Gagasan Kampung Moderasi Beragama merupakan program yang digagas oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk membentuk sebuah kampung, desa atau lingkungan dengan sifat toleransi umat beragama yang tinggi dan menciptakan kerukunan antar umat beragama di tengah masyarakat. Kampung Moderasi Beragama sebagai salah satu implementasi dari salah satu misi Kementerian Agama RI yakni memperkuat moderasi beragama dan kerukunan umat beragama,”

Di sambutannya akhir Mohamad Nurul Huda menekankan bahwa progam kampung moderasi beragama tidak semata-mata hanya untuk meminimalkan perbedaan. Namun ia meminta agar program ini dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat untuk menerima perbedaan yang ada, sehingga ke depannya juga tidak hanya program Kampung Moderasi Beragama tetapi menjadi tingkat Kabupaten Moderasi Beragama.(IP)