Desa Kalimalang Menerima Penghargaan Predikat Desa Sadar Hukum dari Kemenkumham Jawa Timur.

  • Jul 30, 2024
  • Iponk
  • Warta Desa, Warta KIM

BATU – Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Jawa Timur telah meresmikan 223 Desa/ Kelurahan mendapatkan predikat Anubhawa Sasana Desa atau telah sadar hukum dan Desa Kalimalang satu - satunya desa yang berasal dari Kabupaten Ponorogo yang menerima Penghargaan predikat desa sadar humum, kegiatan persesmian tersebut dihadiri langsung Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Prof Widodo Ekatjahjana. Dia didampingi Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono dan para kadiv. Termasuk para bupati dan walikota, serta para pejabat terkait lainnya berlokasi di Ballroom Kertanegara The Singhasari Resort Batu Kota Batu pada selasa pagi (30/7).

Dalam Kesempatan tersebut Kepala Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo Riyadi mengucapkan rasa syukur atas capaian yang diraih dengan penghargaan ini semoga kedepan di desa kalimalang tingkat kesadaran masyarakatnya tentang hukum akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara Indonesia dapat meningkat dengan baik.

“Alhamdulillah berkat proses yang telah kita lalui dalam melakukan pembinaan dan mediasi atas permaslahan yang ada dimasyarakat yang semula mau dibawa keranah hukum berkat adanya kelompok sadar hukum KADARKUM yang ada di desa Kalimalang ahirnya masalah dapat kita damaikan tanpa masuk kejalur hokum, ini adalah penghargaan atas kinerja kita bersama yang wajib kita tingkatkan bersama-sama. Pungkasnya riyadi.

Diharapkan dengan menumbuhkan kesadaran hukum di level desa/ kelurahan akan dapat mendukung peningkatan investasi dan pertumbuhan ekonomi.