Desa Kalimalang Komitmen Bersama Perangi Stunting

  • Aug 02, 2024
  • Iponk
  • Warta Desa, Warta KIM

PONOROGO – Desa Kalimalang menggelar rembunk stunting untuk membahas upaya percepatan penurunan stunting di wilayahnya. Kegiatan yang dihadiri oleh Kader Posyandu Balita,Bidan Desa Perangkat Desa dan Pendamping Dana Desa  ini bertujuan untuk menyatukan komitmen dalam mengatasi masalah gizi kronis pada anak balita yang berlangsung di Balai Desa Kalimalang pada rabu, (31/7).

Dalam rembung stunting tersebut, berbagai isu terkait stunting dibahas secara mendalam kurangnya pengetahuan tentang gizi, akses terbatas pada makanan bergizi, sanitasi yang buruk. Para peserta juga saling bertukar pikiran mengenai langkah-langkah konkret yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Pukesmas Sukorejo Nofi Andriani,A.Md.Keb. memaparkan bahwa sesuai target dan capait penurunan stunting “Desa Kalimalang mencapai 6% sedangkan target kecamatan sukorejo 6,9% dan Tingkat Kabupaten Ponorogo adalah 7% artinya desa kalimalang perlu ditingkatkan kembali biar mencapai target yang diharapkan.”paparnya Nofi.

Sebagai hasil dari rembung stunting, disepakati untuk meningkatkan pemberian susu bagi balita, pemberian makanan tambahan, membentuk Pokmas  dan memperkuat kerjasama lintas sektor.

Riyadi kepala desa Kalimalang, menyatakan, "Stunting merupakan masalah serius yang harus kita atasi bersama. Melalui rembung stunting ini, kita semakin solid dalam upaya mencapai target penurunan stunting di desa kami."

Dengan adanya komitmen bersama dari seluruh pihak, diharapkan upaya penurunan stunting di Desa Kalimalang dapat berjalan efektif dan berkelanjutan.