Desa Kalimalang Dapat Program Pengembangan Kampung Moderasi Beragama

  • Jun 14, 2024
  • Iponk
  • Warta Desa, Warta KIM

PONOROGO – Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo setelah mendapatkan juara dua Kampung mederasi beragama pada tahun kemarin kali ini pada tahun 2024 giliran mendapatkan program inovatif bertajuk Pengembangan Kampung Moderasi Beragama dari Kementerian Agama Kab. Ponorogo Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukorejo, program ini di berikan sebagai tindak lanjut dari loncing kampung moderasi beragama sebagai bentuk upaya memperkuat persatuan dan kesatuan bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai toleransi, saling menghargai, dan kehidupan berdampingan secara damai di masyarakat. Dalam acara ini juga digelar  Sosialisasi penurunan stunting, ketahanan keluarga, dan dialog lintas agama percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan pada hari rabu pagi dibalai Desa Kalimalang (11/6).

Acara ini turut dihadiri oleh Forpimka Sukorejo, Kepala KAU Kec. Sukorejo, Kepala Puskesmas Sukorejo, Kepala Desa Kalimalang beserta perangkat Desa, Tokoh Lintas Agama Desa Kalimalang

Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukorejo Auliausshofi, MA II selaku ketua panitia mengatakan Desa Kalimalang bisa mendapatkan program Pengembangan Kampung Moderasi Beragama ini adalah bagian tindak lanjut dari program kampung moderasi beragama pada tahun kemarin. “Program ini di berikan sebagai tindak lanjut dari loncing kampung moderasi beragama sebagai bentuk upaya memperkuat persatuan dan kesatuan bertujuan untuk mempromosikan nilai-nilai toleransi”. pungkasnya Auliausshofi.

Sementara itu Kepala Desa Kalimalang Riyadi dalam sambutnya mengucapakan terimakasih atas diberikannya progam Pengembangan Kampung Moderasi Beragama pada desa kami saya berharap program ini bermamfaat bagi warga desa kami dan ilmu yang didapat hari ini bisa ditulurkan pada warga desa lain. “Pada kegiatan Pengembangan Kampung Moderasi Beragama ini juga dilaksanakan sosialisasi penurunan stunting, ketahanan keluarga, dialog lintas agama percepatan penurunan stunting, dan pembagian bantuan sembako kepada pelaku Kampung Moderasi Beragama”.

Camat Sukorejo Drs. Setiyo Hari Sujatmiko, AP sembelum membuka acara menyampaikan Pentingnya menjaga kerukunan umat beragama sesuai dengan sifatnya mendasar atau prinsip-prinsip yang berlaku dalam kehidupan sosial.

Saya ucapan selamat kepada desa kalimalang yang telah meraih peringkat ke 2 kampung moderasi saya berharap kegiatan ini jangan hanya sebagai formalitas saja perlu adanya komunikasi aktif dari semua pelaku yang ada di Desa Kalimalang, dengan mencupkan bismilah hirohman hirohhim acara Pengembangan Kampung Moderasi Beragama rabu,11 Juni 2024 saya nyatakan dibuka dan dimulai”. pugkasnya Setiyo

Acara dilanjutkan dengan menyerahkan bantuan sembako secara simbolis kepada pelaku kampung moderasi dan diteruskan dengan sosialisasi penurunan stunting dari Pukesmas Sukorejo drg.Renitha Wulandari dengan materi stunting dan dilanjutkan dengan pemateri kedua dari Kementrian Agama Ponorogo Chusnu Roidah,S, Ag.M.Pd dengan materi Penguatan Ketahanan Keluarga.

Dengan mendapatkan program tersebut berharap masyarakat desa kalimalang bisa hidup rukun saling berdampingan walaupun beda agama dan keyakinan nanum tetap menjaga nilai-nilai toleransi atar pemeluk agama.