Susu Kedelai Madu

  • Aug 08, 2022

UMKM Susu Kedelai Madu (SDM) mulai dirintis pada tahun 2005, usaha ini sudah berjalan selama 17 tahun. Pemilik usaha SDM ini adalah Bu Istiqomah, yang bertempat tinggal di Dukuh Sragi Lor, Kalimalang, Kec. Sukorejo, Kabupaten Ponorogo. Adapun yang menjadi ciri khas dan keunggulan dari produk susu kedelai beliau adalah komposisi bahan yang berasal dari kacang kedelai premium yang ditanam sendiri, 100% alami karena tidak mengandung bahan pemanis ataupun pengawet, serta adanya tambahan madu yang makin menambah citarasa susu kedelai madu milik Bu Istiqomah.

Kenikmatan susu kedelai madu buatan Bu Istiqomah membuat produk ini sudah memiliki banyak pelanggan tetap, kualitas yang selalu terjaga membuat produk SDM banyak digemari oleh masyarakat luas. Bu Istiqomah juga sering menerima pesanan SDM untuk acara besar kecamatan, misalnya acara penyambutan bupati yang memesan SDM hingga 300 botol, beliau juga beberapa kali diundang sebagai pembicara terkait bisnis susu kedelai yang beliau jalani. Satu botol SDM dengan isi 400 ml dibandrol dengan harga Rp. 5000 saja, selain itu juga SDM sendiri dikemas dalam wadah plastik ukuran satu gelas dengan harga hanya Rp. 3000. Tidak hanya kemasan botol ukuran 400 ml, bu Istiqomah juga membuat kemasan botol ukuran 800ml yang dibandrol dengan harga Rp. 10000. Untuk proses produksi SDM dimulai pukul 2 pagi hingga subuh, setelah itu pada pukul 7 pagi Bu Istiqomah akan mengantarkan SDM kepada semua pelanggan tetapnya.

SDM sudah memiliki izin usaha seperti PIRT dan SIUP sehingga produk ini sangat layak untuk dikonsumsi sehari-hari. Proses produksi SDM dimulai dari perendaman kacang kedelai selama 8 jam setelah direndam kacang kedelai yang sudah halus akan digiling menggunakan mesin penggiling untuk menghasilkan susu kedelai murni, susu kedelai tersebut selanjutnya akan direbus selama  kurang lebih 30 menit. Pada saat proses perebusan Bu Istiqomah menambahkan daun pandan untuk menambah harum susu kedelai tersebut, kemudian susu kedelai tersebut ditambahkan gula pasir dan madu untuk menambah manis alami susu kedelai yang dihasilkan, tak lupa pemberian garam halus agar menambah gurih rasa susu kedelai yang dihasilkan.

SDM sendiri memiliki tekstur yang lebih kental dan lezat dibanding produk susu kedelai biasanya, produk SDM dapat bertahan kurang lebih 8 jam pada suhu ruang, hal ini mencirikan bahwa produk ini benar-benar alami tanpa pengawet sehingga umur simpan produk sendiri kurang dari 24 jam. SDM juga bisa disimpan di freezer ataupun pendingin lainnya agar masa simpan produk bisa bertahan lebih lama, untuk penyimpanan di lemari pendingin SDM bisa bertahan hingga 3 hari lamanya. SDM dipasarkan untuk wilayah Kecamatan Sukorejo dan sekitarnya secara offline kepada para pemasar dan pelanggan.

Untuk informasi yang lebih lengkap terkait SDM Bu Istiqomah dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Contact Person

1. Nama perusahaan: Susu Kedelai Madu (SDM)

2. Lokasi perusahaan: (Sesuai Maps)

3. Nomor telepon: 083857434252

4. No wa: 083857434252

5. Susu Dele Madu (SDM) (link)