Warga Sumoroto Berkumpul Di Monumen Bantarangin Untuk Berebut Buceng Porak.

  • Aug 12, 2023
  • Iponk
  • Budaya

Kauman – Kegiatan Iven Grebeg Suro Tahun 2023 belum berahir salah satu agenda  kegiatan Tutup Bulan Suro yang rutin dilaksanakan warga Kecamatan Kauman kususnya warga Desa Sumoroto dengan mengelar serangkaian kegiatan diantaranya Kirap Buceng Porak yang sangat dinantikan warga, mereka rela berpanas – panasan untuk menanti kedatangan buceng raksasa yang dikirap dari Kantor Kecamatan Kauman dan berahir di Monumen Batarangin pada Sabtu sore (12/8).

Ada delapan Buceng raksasa yang diarak diantaranya Buceng dari Bupati Ponorogo, Wakil Bupati Ponorogo, Ketua DPRD Ponorogo, Camat Kauman dan empat desa di sekitaran Kecamatan Kauman semua buceng yang berisikan dengan hasil bumi seperti sayur-sayuran dan buah dikumpulkan jadi beberapa titik lokasi yang sudah ditentukan di plataran Munumen Bantarangin.

Nampak Hadir dalam acara tersebut Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ponorogo H.Sugiri Sancoko, S.E., M.M dan Hj.Lisdyiarita, S.H dalam sambutanya Kag Giri mengatakan Ini Kegiatan Grebeg Tutup Suro Bantarangin ini adalah serangkain kegiatan puncak atau penutup dari Iven Grebeng Suro tahun 2023 kedepan berharap semua warga mendapat keberkahan dan acara ini cukup sukses.

“Saya berharap untuk semua warga ponorogo mendapatkan keberkahan, Kesehatan dan Rezeki yang melimpah dan saya sangat banga acara sore ini buceng porak sangat sukses dengan mengucap bismilah buceng porak siap diporak untuk warga” Sambutnya kag giri.

Setelah di persilahkan diporak oleh Kag Giri sapaan dari Bupati Ponorogo wargapun langsung saling berebut untuk mendapatan apa yang ada di buceng raksasa itu, ada yang mendapatkan sayur-sayuran seperti terong, sawi, wortel dan kacang Panjang dan ada juga yang mendapatkan buah – buahan seperti jeruk, salak dan apel .

Masyarakat percaya dengan mendapatkan apa yang ada di buceng raksasa yang sudah didokan itu mereka akan mendapatkan keberkahan dalam keseharianya.