Tingkatkan Jaringan Irigasi Pertanian upaya Perkuat Ketahanan Pangan

  • Sep 06, 2022
  • Iponk
  • Ekonomi

Dalam rangka memperkuat program ketahanan pangan, Pemerintah Desa Kalimalang Kecamatan Sukorejo melakukan peningkatan jaringan irigasi pertanian sebagai bentuk upaya untuk mendorong produktivitas hasil dari sektor pertanian yang bertempat di dukuh krajan pada senin (5/9).

Kepala Desa Kalimalang Riyadi ditemui oleh pariwara.kim.id mengatakan, “ketahanan pangan merupakan program utama yang didorong pemerintah untuk mengantisipasi krisis pangan yang bersumber dari Dana Desa (DD)”.  Riyadi menambahkan, ketahanan pangan ini adalah program pemerintah pusat salah satunya mendukung hasil pertanian dengan cara  manajemen air. "Distribusi air harus dilakukan dengan baik. Sebab, tanpa perencanaan yang baik, maka pengelolaan air pun akan berjalan tak maksimal. Sementara air memiliki peran cukup vital dalam tumbuh kembang pertanian," kata riyadi.

Pada tahun 2022 ini Pemerintah Desa Kalimalang dalam apbdes tahun ini mengarkan tiga kegiatan dalam sektor Pertanian diantaranya normalisasi saluran pertanian di Area sawah pugeran, peningkatan saluran irigasi pertanian di Krajan dan yang akan dilaksankan dalam waktu dekat yaitu pengelolan lahan kosong untuk tanaman produktif yang berada di tanah kas desa yang nantinya yang akan dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa).

Dengan pengelolaan air yang baik dan cukup diharapkan mampu untuk meningkatkan hasil pertanian sebagai bentuk upaya untuk memperkuat program ketahanan pangan dan mampu meningkatkan pendatan asli desa (PAD) (IP).