Gubenur Jatim Ikuti Kirap Budaya Tutup Bulan Suro Bantarangin.

  • Aug 15, 2023
  • Iponk
  • Budaya

Kauman – Kegiatan Kirap Budaya Tutup Bulan Suro 2023 sangat sepesial bagi masyarakat kawasan kutho kulon kerena Gubenur Jawa Timur bersama Bupati Ponorogo ikut berpartisipasi dalam kegiatan kirap budaya yang yang dimulai dan berahir di Monumen Bantarangin pada selasa sore, (15/8).

Dari Pukul satu siang masyarakat kawasan Kecamatan Kauman dan sekitarnya sudah memadati jalan sepanjang rute kirap budaya tutup bulan suro tahun 2023.

Acara dimulai  dengan pagelaran budaya dilanjutkan dengan Iring-iringan kereta diawali dengan Kereta Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Ponorogo, H. Sugiiri Sancoko dilanjutkan dengan Kereta Wakil Bupati Ponorogo, Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, dan Sekretaris Daerah dan dilanjutkan muspika Kauman dan peserta kirap budaya.

Dalam keterangan Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam keteranganya kepada awak media mengatakan ucapan terima kasih kepada masyarakat Ponorogo yang memeberikan supprort yang cukup hangat pada penutupan grebeg tutup suro ini dengan keberanian lewat budaya untuk bela Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Ekspresi dari dinamika masyarakat bisa terus dilestarikan dari grebeg suro yang sore hari ini sudah penutupan tentu ada proses panjang yang menghantarai bagaimana proses budaya ini menjadi karakter masyarakat dengan keberanian untuk bela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).”terangnya Gubenur Jatim.

Sepanjang rute kirap budaya berlangsung Gubenur Jatim memberikan bingkisan kepada masyarakat berupa bendera merah putih sebagai wujud ajakan untuk mempringati Hari Kemerdekaan Indonesia Ke -78 Tahun.