Grebeng Suro Ini Mampu Menciptakan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat.

  • Jun 28, 2024
  • Admin
  • Budaya, Warta KIM

PONOROGO – Pagelaran Iven Tahunan Grebeg Suro 2024 Ponorogo, sudah dibuka oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Wakil Bupati Lisdyarita pada Kamis (27/6) malam dengan ditandai sebuah anak panah yang diluncurkan dari busurnya oleh Kag Giri sebagai penanda bahwa Pagelaran Festival Festival Reyog Remaja (FRR) XX dan Festival Nasional Reyog Ponorogo (FNRP) XXIX sudah resmi dimulai yang akan berlangsung di pangung utama ponorogo mulai tanggal 28 Juni sampai dengan 5 Juli 2024.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengungkapkan bahwa Grebeg Suro merupakan serangkaian orkestra yang mengalirkan cita rasa, keringat masa kini, dan harapan masa depan, diracik menjadi sebuah keindahan bernama Grebeg Suro.

“ Lewat Iven-iven Grebeg Suro berharap mampu meningkatkan perekonomian masyarakat kususnya bagi pelaku UMKM yang berada di sekitaran alun- alun Ponorogo dan tempat lain dimana akan digelar puluhan kegiatan dalam menyemarakan Grebeg Suro 2024”.

Lanjut Kang Giri juga menyampaikan, saat ini Reog Ponorogo sudah masuk dalam daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO. Dengan demikian, hampir bisa dipastikan Reog akan disidangkan pada akhir 2024 mendatang. Ke depan, kami berharap Grebeg Suro bukan sekadar event tahunan, namun juga sebagai upaya menaikkan kelas Kabupaten Ponorogo menjadi kabupaten wisata dengan pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Atusias warga Ponorogo luar biasa ribuan orang padatai alun-alun Ponorogo walaupun sempat diguyur hujan namun atusias masyarakat untuk menyaksikan pembukaan grebeg suro ini tidak bergeser sedikitpun mereka menikmati sajian budaya dan gemerlap lampu lighting serta kemegahan panggung raksasa dimana pagerlaran itu berlangsung hingga saat yang ditungu yaitu pesta kembang api yang menghiasi dilangit bumi reyog ponorogo penuh warna warni yang mampu membuat decak kagum pengunjung pembukaan grebeg suro 2024.

Sumber gambar youtube Pemerintah Kabupaten Ponorogo : https://www.youtube.com/watch?v=2q3tsG6Ujgc